Saturday, November 1, 2014

Kebiasaan yang Membuat Anak Jadi Champion

Kesuksesan selalu meninggalkan jejak kaki. Begitulah ungkapan terkenal dari seorang Booker T. Washington, pendidik, penulis sekaligus tokoh terkemuka berkulit hitam. Kesuksesan bukanlah sesuatu yang jauh dari genggaman; ia adalah sesuatu yang bisa dipelajari, dihidupi, dan dicapai.

Hal yang terpenting adalah membantu anak untuk mengikuti kebiasaan-kebiasaan orang yang telah berhasil. Siapkah Bunda menjalani proses ini? Kami telah merangkum lima kebiasaan sederhana yang membedakan seorang anak yang berhasil dan yang kurang berhasil. Lima hal di bawah ini dapat Bunda tanamkan kepada anak untuk kemudian mereka praktikkan dalam kehidupan sosial sesama teman maupun dalam kegiatan belajar di sekolah.

Rajin membaca
Dengan materi yang sederhana, namun menarik, Bunda bisa mulai menanamkan budaya membaca kepada anak sejak dini. Bantulah Sobat Milku untuk menyadari bahwa dengan membaca, mereka bisa melihat dan memahami hal-hal hebat di dunia ini seperti tempat yang jauh, pengetahuan yang mengagumkan serta mengenal budaya lain.

Rajin menulis
Untuk membantu Bunda dalam memantau perkembangan Sobat Milku, ajaklah mereka untuk menulis buku harian alias diari. Kebiasaan menulis sejak dini membantu mereka untuk mudah dalam mengungkapkan perasaan. Dasar yang baik dalam menulis juga membantu mereka dalam tugas-tugas di sekolah.

Mau bertanya, bukan malu bertanya
Malu bertanya sesat di jalan memang benar adanya. Ajaklah Sobat Milku untuk berani bertanya dengan cara yang benar dan sopan, misalnya harus mengangkat tangan atau meminta izin sebelum bertanya. Dengan bertanya, Sobat Milku akan memperoleh pandangan baru mengenai kejadian sehari-hari maupun materi pelajaran di ruang kelas.

Berdiskusi
Di saat Sobat Milku tidak bertanya, ada baiknya Bunda membuka pembicaraan mengenai topik tertentu untuk memicu diskusi. Tanyalah pendapat mereka mengenai satu dan lain hal. Berdiskusi sangat baik untuk melatih diri dalam menyampaikan pendapat, sekaligus untuk mengajarkan kepada Sobat Milku bahwa bertukar pikiran lebih baik daripada memaksakan kehendak.

Selalu punya persiapan
Bunda yang hebat adalah Bunda yang selalu mengajak anaknya agar punya persiapan dalam segala hal. Misalnya, sebelum ke sekolah, buku dan materi pelajaran sudah dipersiapkan dan dipelajari terlebih dahulu. Dengan memiliki persiapan, Bunda akan membiasakan Sobat Milku bertindak disiplin dan bertanggung jawab.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/8eA858