Friday, August 1, 2014

Dongeng Sebelum Tidur: Cara Mencerdaskan Anak Sejak Dini

Sebelum tidur di malam hari, ada saja aktivitas yang dapat anak lakukan. Minum segelas susu Milkuat, menggosok gigi, dan mempersiapkan perlengkapan sekolah untuk esok hari adalah beberapa di antaranya. Di lain pihak, Bunda pun bisa melakukan banyak hal. Misalnya, memeriksa kelengkapan sekolah anak, memberikan nasihat, atau sekedar bercengkerama dengan anak. Satu aktivitas lain yang kerap terlupakan oleh para bunda zaman sekarang adalah mengajak anak berinteraksi melalui cerita.

Membacakan cerita atau yang lazimnya disebut bedtime stories merupakan kegiatan sederhana yang kaya manfaat. Selain bisa memantau daya tangkap dan rasa ingin tahu anak terhadap hal-hal baru, membacakan cerita sebelum tidur juga kaya akan manfaat lainnya, lho, Bunda. Apa saja ya kira-kira?

  1. Meningkatkan keterampilan baca dalam hal pelafalan dan kosa kata. Dengan buku cerita, anak belajar banyak kata baru yang belum tentu sudah diajarkan di sekolah.
  2. Menanamkan budaya baca sejak dini. Anak yang suka baca cenderung menjadi anak yang lebih cerdas dan kaya pengetahuan. Anak yang kaya pengetahuan akan menjadi lebih berhasil di masa depan.
  3. Menstimulasi imajinasi dan daya pikir anak. Anak yang sering dibacakan cerita akan memperoleh banyak ide dan referensi agar mereka lebih kreatif dalam kesehariannya.
  4. Melalui cerita, Bunda dapat mengajarkan ajaran moral dan memberikan nasihat secara tidak langsung. Hal ini akan tertanam di alam bawah sadar anak sehingga lebih efektif daripada menasihati secara gamblang.
  5. Melalui cerita yang dilatarbelakangi berbagai tempat dan tokoh, anak akan mengalami konteks baru sehingga mereka memahami bahwa keberagaman manusia adalah sebuah hal yang wajar.
  6. Dengan mendengar cerita yang dibacakan oleh Bunda, hubungan emosional antara anak dan Bunda bisa semakin erat.
  7. Terakhir, setelah melewati harinya yang penuh aktivitas, entah itu menyenangkan ataupun tidak, cerita sebelum tidur adalah sarana relaksasi bagi anak untuk bangun pagi lebih segar di esok hari.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/xgkpYw