Monday, February 09, 2015

Jadi Dokter Untuk Kesehatan Anak

Pernahkah Bunda bingung ketika si anak tiba-tiba sakit tanpa gejala atau sebab yang jelas? Kebingungan tersebut sering terjadi lantaran kurangnya informasi tentang kesehatan anak. Pada usia pertumbuhan dan usia baru masuk sekolah, aktivitas anak tentu akan lebih meningkat, untuk itu perlu perhatian lebih untuk mengontrol kesehatannya dari pola makan hingga melakukan pengawasan agar anak tetap dalam pola hidup sehat.

Agar anak tetap dalam kondisi yang selalu sehat, berikut adalah tips-tipsnya:

1. Berikan si anak sarapan bergizinutrisi tinggi sebelum ia berangkat ke sekolah atau beraktivitas. Menyediakan sarapan seperti roti, telur, dan juga susu akan meningkatkan energinya agar tidak loyo saat melakukan aktivitas. Karena Bunda tidak bisa selalu mengontrol jajanan anak saat di luar, Bunda bisa memberikan pengetahuan mengenai makanan yang sehat dan tidak sehat, akan lebih baik lagi kalau menyediakan bekal agar mengurangi anak jajan di luar.

2. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Membuat jadwal rutin untuk memeriksa kesehatan si kecil juga merupakan hal penting untuk menjaga kesehatannya.

3. Ajaklah si anak untuk rajin berolahraga. Dengan mengajaknya berolahraga, tubuhnya akan selalu bugar. Banyak olahraga yang bisa dipilih diantaranya lari pagi, bermain bola bersama, ataupun bersepeda.

4. Menjaga si anak untuk tidur dalam waktu yang konsisten. Usahakan untuk selalu menjaga anak agar tidur tepat waktu dan tidak terlalu larut. 
Dengan menjadi Bunda sekaligus dokter pribadinya. Si anak akan selalu dalam keadaan yang sehat.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi: http://goo.gl/aMQnok