Monday, September 16, 2013

Pentingnya Membiasakan Makan Makanan Beraneka Ragam

Membiasakan makan makanan beraneka ragam adalah prinsip pertama dari Gizi Seimbang 
yang ada dalam panduan umum gizi seimbang bagi orang Indonesia. Artinya setiap manusia di mana saja membutuhkan makanan yang beraneka ragam atau
bervariasi. Karena tak ada satu pun makanan yang mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
Apa saja makan-makanan yang beragam itu? Piramida gizi seimbang menjelaskannya, yaitu:
  • Air putih yang sebaiknya dikonsumsi 1.5 liter sehari.
  • Makan makanan pokok sumber karbohidrat seperti nasi, roti, jagung, kentang,ubi dan lain sebagainya.
  • Sayur-sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin dan mineral.
  • Sumber protein nabati yang banyak terkandung pada kacang-kacangan, termasuk produk olahan seperti tahu, tempe, oncom. Sedangkan sumber protein hewani yang bisa diperoleh dari daging, telur, ikan, susu dan produk susu seperti mentega, keju, yogurt, dan lain-lain.
  • Yogurt adalah salah satu sumber protein hewani yang dapat mencukupi kebutuhan protein dan kalsium bagi anak-anak dan seluruh keluarga.
  • Selain itu setiap harinya kita juga membutuhkan tambahan minyak, gula, dan garam yang dikonsumsi sedikit saja untuk menjaga keseimbangan gizi dan citarasa makanan yang kita konsumsi.