Monday, February 01, 2016

Nutrisi Penting yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Anak

Apa yang Bunda hidangkan untuk sarapan dan makan siang anak-anak hari ini? Apakah makanan yang Bunda siapkan sudah mengandung nutrisi yang terbaik? Anak Bunda tentu saja masih dalam masa pertumbuhan, jadi untuk memperoleh pertumbuhan yang optimal, Bunda harus memberikan makanan yang bernutrisi. Hal ini akan mempengaruhi kecerdasan, kekuatan otak, kekuatan tulang serta bentuk tubuh yang ideal bagi anak Bunda. Ini dia 6 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak-anak :

1. Vitamin A
Salah satu gizi penting untuk anak adalah Vitamin A. Vitamin ini berfungsi untuk melindungi anak Bunda dari infeksi, memperbaiki penglihatan dan membangun tulang yang kuat. Selain itu, pertumbuhan rambut, kulit dan kuku juga tergantung pada vitamin ini. Sumber terbaik vitamin A adalah wortel, mangga, telur dan susu.

2. Vitamin D
Vitamin D dibutuhkan dalam proses penyerapan kalsium dan mineral lainnya, selain membantu proses pertumbuhan dan massa tulang. Makanan yang mengandung vitamin D yaitu ikan salmon, tuna kaleng, jus jeruk dan kuning telur.

3. Vitamin B2
Agar anak Bunda mendapatkan proses metabolism energi yang baik, anak Bunda membutuhkan vitamin B2. Selain itu vitamin B2 membantu kesehatan penglihatan serta kulit. Bunda bisa mendapatkan vitamin B2 dari susu, yogurt, keju, roti, sayuran hijau dan daging.

4. Vitamin B6
Manfaat vitamin B6 sangat beragam antara lain untuk proses metabolisme protein dan karbohidrat, pembentukan sel darah merah dan beberapa zat kimia penting pada otak. Vitamin B6 tidak hanya mempengaruhi kinerja otak, piridoksin tetapi mempengaruhi fungsi imunitas dan aktivitas hormon steroid anak. Bunda dapat memperolah asupan B6 dari biji-biji sereal, sayur-sayuran hijau dan buah-buahan ungu, daging unggas, daging sapi, dan ikan.

5. Vitamin B9
Pembentukan sel darah merah, berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh, serta mengoptimalkan fungsi otak sehingga meningkatkan daya ingat adalah manfaat daari vitamin B9. Selain itu, vitamin B9 juga befungsi sebagai terapi untuk pertumbuhan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan rambut.  Vitamin B9 bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau, kacang polong, biji-bijian, daging unggas, telur, sereal dan buah-buahan sitrus.

6. Vitamin B12
Manfaat dari vitamin B12 ialah untuk memproduksi dan menunjang sel mielin yang meyelubungi sel-sel saraf, kemampuan mental, pembentukan sel darah merah dan pemecah asam lemak dan amino untuk menghasilkan energi. Sumber vitamin B12 adalah daging sapi, ikan, hati, telur, susu, kedelai dan rumput laut.

Itu dia 6 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak Bunda dalam masa pertumbuhannya. Tapi tahukah Bunda, bahwa Susu Milkuat mengandung sebagian besar nutrisi penting diatas. Dengan minum Susu Milkuat secara rutin setiap harinya, Bunda tidak perlu khawatir lagi apakah Bunda sudah memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak atau belum. Susu Milkuat mengandung banyak vitamin dan mineral yang cukup untuk mengisi 15 kebutuhan vitamin harian anak Bunda.