Monday, January 5, 2015

Agar Anak Tidak "Alergi" Terhadap Sayuran

Apa kabar, Bunda? Tentu bukan hal yang aneh lagi jika anak tidak suka memakan sayur-sayuran, bukan? Yup! Tidak sedikit anak, khususnya di kota-kota besar yang lebih memilih makanan cepat saji dibanding makan-makanan bergizi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lalu, bagaimana agar anak-anak bisa menyukai sayuran? Ada beberapa tips menarik dari seorang ahli gizi nutrisi dan kesehatan dari Amerika Serikat, Elaine Magee, MRH, RD, untuk mengatasi agar anak tak lagi "alergi" terhadap sayuran.

1. Tambahkan Sayuran yang "Hampir" disuka Pada Makanan Kesukaan Anak
Setidaknya, pasti ada satu atau dua jenis sayuran yang sebenarnya bisa dimakan oleh anak (hanya saja malas memakannya). Nah, jika ini terjadi, coba kombinasikan pada makanan yang disukainya. Misalkan menambahkan irisan bayam, brokoli atau tomat pada kocokan telur yang bisa dibuat dalam berbagai bentuk.

2. Buatlah Kombinasi Jus
Menyamarkan dalam bentuk jus buah segar adalah salah satu cara agar anak bisa menyukai sayur. Buatlah beberapa kombinasi jus buah yang dicampur dengan sayuran sehingga menarik.

3. Sayuran Dipanggang
Yup! Dipanggang juga salah satu cara agar anak menyukai sayuran. Bisa saat memanggang sate atau daging panggang, cobalah buat beberapa tusuk sate yang dikombinasikan dengan sayuran. Dengan kombinasi ini, rasa yang didapatkan pasti akan lebih mantap dan gurih.

4. Biarkan Anak Membantu di Dapur
Anak tentu punya rasa keingintahuan yang besar. Biarkan anak-anak membantu Bunda menyiapkan makanan. Sediakan alat masak yang sesuai dan pantau proses anak meracik bahan. Biarkan anak berekspresi dan mencicipi apa yang mereka persiapkan sendiri.

5. Menjadi Figur Bagi Anak
Anak cenderung akan menirukan apa yang diajarkan sekelilingnya, termasuk kebiasan makan. Jadilah model/figur bagi anak. Ajak anak makan bersama, melihat orang tua dan kakak yang menikmati hidangan sehat bersama, keinginan mereka cenderung lebih meningkat, bahkan jika Bunda sedang tidak ada. Bahkan biasakanlah mengkonsumsi sayuran sejak Bunda hamil, ketika lahir nanti anak akan mampu merekam "rasa" sayuran sejak dalam kandungan sehingga mudah menerima sayuran dalam menunya.

6. Buatlah Sesi Makan Menyenangkan
Anak-anak suka segala hal yang menyenangkan. Mencoba makan baru dengan sedikit "petualangan" atau permainan bisa menjadi pengalaman yang menarik. Sedikit demi sedikit, ajari anak cinta makanan sehat. Hindari pula menggunakan hukuman jika mereka tidak makan sayuran.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/Djm3nx - http://goo.gl/cDdbpm