Wednesday, September 3, 2014

Arti Warna Makanan dan Nutrisinya

Apa kabar, Bunda? Apakah belakangan ini Bunda sering memberikan makanan tambahan kepada Sobat Milku? Mungkin makanan yang Bunda berikan bervariasi, baik dari segi rasa, cara menyajikan maupun warna. Nah, dalam kesempatan ini, kita akan bersama-sama mengenali makna dari makanan ditinjau dari warnanya. Apakah benar warna ini hanyalah variasi semata? Atau, jangan-jangan warna melambangkan kandungan nutrisi tertentu?

Makanan Berwarna Merah
Warna merah pada makanan menandakan tingginya kandungan likopen, yakni sebuah senyawa baik yang membantu tubuh mencegah sel kanker, khususnya kanker prostat dan rahim. Senyawa likopen ini tidak akan hilang atau larut seiring dengan proses pemasakan. Contoh makanan yang mengandung likopen adalah tomat, jambu batu merah, dan semangka.
Di sisi lain, warna merah juga menandakan kandungan antosianin di dalamnya. Antosianin adalah antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk itulah, jika Bunda sering memberikan buah strawberry, raspberry, dan cranberry kepada Sobat Milku, tandanya Bunda sudah memberikan mereka antioksidan alami.

Makanan Berwarna Oranye dan Kuning
Warna oranye dan kuning menandakan tingginya kandungan karotenoid, yakni senyawa yang baik dalam menjaga kesehatan mata dan jantung. Selain itu, senyawa yang terbagi atas alfa dan beta karoten ini juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Nah, makanan berwarna oranye dan kuning yang sebaiknya Bunda berikan kepada Sobat Milku adalah wortel, ubi, semangka, mangga, dan melon jingga.

Makanan Berwarna Hijau
Warna hijau menandakan tingginya senyawa klorofil dalam makanan. Jika dibandingkan, warna hijau tua mengandung kadar klorofil yang lebih tinggi dibandingkan hijau muda. Klorofil sangat baik untuk kesehatan dalam hal menjaga kesehatan kulit dan menjauhkan tubuh dari sel kanker. Hampir semua sayuran hijau boleh diberikan kepada Sobat Milku apabila Bunda ingin memberikan kebaikan klorofil kepada mereka.

Makanan Berwarna Putih
Warna putih menandakan tingginya kandungan anthoxanthins yang membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Warna putih pada makanan seperti kembang kol, jamur, kentang, dan bawang putih juga berarti adanya kandungan beta-glukan yang baik sebagai antioksidan bagi tubuh.

Makanan Berwarna Biru atau Ungu
Warna biru atau ungu menandakan makanan mengandung senyawa antosianin yang tinggi. Makanan seperti terung, blueberry, dan ubi jalar ungu ini berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Setelah Bunda mengetahui makna warna pada makanan, mulailah untuk membiasakan Sobat Milku untuk makan makanan sehat secara seimbang. Bunda bisa mulai mengajak Sobat Milku untuk "ciptakan warna di piringmu". Dengan kombinasi berbagai buah dan sayuran, ditambah susu Milkuat secara teratur, mudah-mudahan Sobat Milku tumbuh besar dan sehat secara alami.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/ycgiQ6