Monday, May 05, 2014

Makanan untuk Perkembangan Otak Anak

Memiliki anak yang cerdas merupakan impian setiap orangtua. Betapa tidak, anak cerdas, terlebih berprestasi, sangatlah membanggakan serta cenderung tidak membuat orangtua pusing tujuh keliling. Tetapi, kecerdasan anak bukanlah hal yang datang begitu saja. Selain faktor genetik, asupan gizi melalui makanan yang diberikan juga mempengaruhi kecerdasan anak.

Jika demikian adanya, lantas makanan apa yang sebaiknya diberikan kepada anak? Neal Barnard, M.D., ahli gizi asal Amerika Serikat yang juga penulis buku Power Foods for the Brain, punya jawabannya untuk para orangtua. Beberapa jenis makanan yang dituliskan di bawah ini kaya nutrisi dan bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

1. Telur 
Selain harganya yang terjangkau, telur juga dapat dikombinasikan dengan berbagai menu yang lezat. Telur, khususnya kuning telur, mengandung kolin, yakni sebuah zat yang membantu anak meningkatkan daya ingatnya.

2. Roti gandum 
Otak membutuhkan persediaan glukosa secara konstan dan gandum dapat membantu proses pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang bermanfaat dalam memelihara kesehatan sistem syaraf. Para ibu dapat memadukan roti gandum dengan selai kacang karena selai kacang kaya vitamin E yang membantu penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi dalam tubuh.

3. Sayuran berwarna 
Yang dimaksud dengan sayuran berwarna adalah sayur-sayuran berwarna cerah seperti bayam, tomat, ubi, dan wortel. Sayuran ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk memperkuat sel-sel otak.

4. Daging sapi tanpa lemak 
Daging sapi kaya akan zat besi dan mineral seng. Zat besi membantu anak memelihara daya tahan tubuhnya, sedangkan mineral seng berfungsi untuk menajamkan daya ingat. Untuk para ibu, ada baiknya memberikan potongan daging sapi tanpa lemak kepada anak agar manfaat nutrisinya lebih terasa.

5. Kacang merah 
Dari seluruh keluarga kacang-kacangan, kacang merah adalah yang paling kaya dengan asam lemak Omega-3, yaitu ALA. Dengan begitu, makanan ini sangat baik untuk perkembangan otak anak. Banyak anak zaman sekarang yang tidak mau makan kacang merah. Padahal, selain baik untuk otak, panganan kecil ini juga kaya akan protein dan karbohidrat kompleks.

6. Ikan salmon 
Dibandingkan ikan tuna, ikan salmon mengandung lebih banyak lagi asam lemak Omega-3, khususnya DHA dan EPA. Kedua asam lemak ini berkaitan langsung dengan perkembangan fungsi otak anak. Riset terkini menunjukkan bahwa anak yang memperoleh asupan asam lemak Omega-3 lebih banyak mampu berpikir lebih tajam dibandingkan yang tidak memperoleh asupan ini.

7. Susu dan yogurt 
Susu dan yogurt kaya akan protein dan vitamin B yang vital dalam pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmitter. Tidak heran, sejak dimulainya hidup seorang bayi, air susu ibu dan kemudian susu formula merupakan asupan nutrisi yang sebisa mungkin harus tetap diberikan.

Sumber: 
nealbarnard.org 
health.kompas.com 
esqsmartplus.com