Wednesday, October 1, 2014

Aktivitas seru untuk melatih psikomotorik anak.

Tentu saja, semua Bunda menginginkan buah hatinya untuk berkembang optimal dalam aspek pengetahuan (kognitif), sosial (afektif), dan psikomotorik. Ketiga aspek ini saling menunjang satu sama lain dalam membentuk anak menjadi pribadi yang cerdas.

Sejauh ini, apa saja yang telah Bunda lakukan supaya Sobat Milku terlatih geraknya secara fisik? Mengajak olahraga di luar rumah? Atau, mungkin mengajak anak mengikuti kelas di lembaga tertentu? Kabar baiknya, Bunda dapat mulai melatih psikomotorik anak dengan mudah, sederhana, dan tidak perlu upaya tambahan. Kuncinya adalah dengan memanfaatkan gerak dan musik.

Hal yang perlu Bunda lakukan adalah menggali berbagai ide untuk menjadikan aktivitas dengan Sobat Milku menjadi fun dan berkesan. Dengan iringan musik lembut atau lagu tertentu, ajaklah buah hati untuk melenggak-lenggokkan tubuh mereka. Ajaklah mereka untuk melakukan gerakan berirama. Atau, Bunda bisa juga meminta anak menjadi semacam instruktur yang menciptakan gerakan baru. Selain melatih otot-otot, kreativitas anak pun terasah di saat bersamaan.

Di sekolah, anak belum tentu terlibat aktif dalam pelajaran jasmani dan kesehatan. Karena itulah, kegiatan di rumah menjadi penting agar tumbuh kembang anak berjalan efektif. Di saat Bunda kekurangan ide untuk mengajak anak bergerak, dengarkan musik. Di saat Bunda mulai bosan dengan gerakan yang itu-itu saja, dengarkan musik. Ide cemerlang selalu ada di balik lembaran tangga nada.

Musik bisa mengubah dunia karena musik bisa mengubah manusia.
- Bono, vokalis band U2

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/wgAvUM