Thursday, June 12, 2014

Agar Anak Hobi Belajar

Mempunyai anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Begitu pula dengan Bunda, bukan begitu? Nah, suka tidak suka, salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah melalui proses belajar, baik di rumah atau di sekolah. Pertanyaannya sekarang: bagaimana kalau anak justru tidak suka belajar? Untuk para bunda yang mengalami hal ini, jangan khawatir karena kami punya solusinya.

1. Mulailah dengan pertanyaanCara untuk mengajak anak berpikir lebih dalam adalah dengan menanyakan pertanyaan kepada mereka. Bunda bisa mulai dengan pertanyaan sederhana seperti “Apa yang kamu pelajari di sekolah?” dan mendengarkan penjelasan mereka. Atau, Bunda juga bisa bertanya tentang fenomena sederhana sehari-hari yang mereka pelajari, misalnya, “Kenapa sih bisa terjadi hujan?” Dengan cara ini, anak akan merasa apa yang ia pelajari itu bermanfaat.

2. Beda anak, beda cara belajarSetiap anak cerdas di jalannya masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengenali cara belajar anak. Ada anak yang condong pada audio (lebih bisa menyerap pelajaran dengan mendengar), visual (lewat penglihatan) atau kinestetik (lewat praktik langsung). Agar belajar menjadi menyenangkan, tidak ada salahnya Bunda menelusuri kemampuan anak melalui pengamatan dan kalau memang perlu, melalui serangkaian tes psikologis.

3. Beda orientasi, beda hasilBanyak orangtua yang menilai kecerdasan dengan nilai di atas kertas. Dalam banyak kasus, justru pandangan seperti ini membuat anak tertekan. Kami menyarankan agar Bunda tidak menekan anak mendapatkan nilai tinggi, tapi justru mengajak anak menjadikan kegiatan belajar mereka sebagai sesuatu yang bermanfaat dan menyenangkan. Metode tanya-jawab serta menyesuaikan cara belajar favorit anak menjadi kuncinya.

4. Semua tentang rewardTidak ada satupun anak yang tidak suka kalau dipuji atau dibilang pintar. Dengan begitu, adalah tugas Bunda untuk mencari hal-hal baik dalam diri anak untuk kemudian dijadikan pujian. Apabila anak bisa menjawab pertanyaan Bunda, mendapat nilai bagus atau apabila anak mau menyisihkan waktu untuk belajar, jangan ragu-ragu memberikan pujian tulus. Satu pujian berarti besar bagi mereka.

Illustrasi: shutterstock.com
Inspirasi: http://goo.gl/PuerzA - http://goo.gl/z9CGha