Sunday, February 07, 2016

Tips Menjadi Teladan Anak Agar Ia Menghormati Orang Tua

Membuat anak-anak bersikap taat tentu saja mudah, tapi belum tentu si anak melakukannya dengan rasa hormat. Oleh karena itu, sikap menghormati harus diterapkan kepada si anak sejak dini. Memiliki anak yang berbakti, santun dan menghormati yang lebih tua adalah dambaan setiap orang tua. Ini dia beberapa tips mengajarkan anak sikap hormat:

1. Perlakukan dan hormati anak 
Biasanya kebanyakan orangtua mengharuskan anak-anaknya menghormati orang yang lebih tua, tapi para orangtua sendiri lupa bahwa anak-anak juga harus dihormati. Biasakanlah menghormati anak seperti Bunda menghormati orang dewasa lainnya. Dengan cara ini si anak bisa mengamati dan melihat sikap hormat yang diberikan oleh kedua orangtuanya. 

2. Berikan contoh
Seorang anak akan meniru apa yang dilihatnya. Pada umumnya anak akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya. Perlakukanlah pasangan, kerabat atau teman dengan rasa hormat, terutama saat sedang berada di dekat si anak. Anak akan mengobservasi cara kita berperilaku. Jika anak lebih sering mengamuk dan berteriak jika ada hal yang tidak sesuai dengan dia, coba perhatikanlah cara Anda bersikap. 

3. Berikan pujian saat dia bersikap hormat
Biarkan anak Anda mengetahui jika dia telah bersikap baik. Biarkan anak tahu bahwa dia telah membuat Anda merasa senang dan bangga. Orang tua yang secara teratur mengatakan bahwa si anak telah membuat orangtuanya merasa bangga dengan sifat baiknya dapat membuat anak jadi termotivasi dan akan terus bersikap baik.

4. Bersikaplah tegas
Ketika si anak tidak bersikap hormat kepada temannya atau orang lain, jangan dibiarkan. Bunda harus menegur secara tegas dan memberitahu dia bahwa perbuatannya adalah perbuatan yang salah. Berikanlah alasan atas peneguran yang Bunda lakukan. Jika Bunda diam saja ketika anak bersikap tidak hormat, maka secara tidak langsung Bunda telah mengajarkan si anak untuk bersikap tidak sopan.

5. Berani minta maaf
Sebagai orang tua, kita juga tidak luput dari kesalahan. Sering kita jumpai orangtua yang merasa gengsi untuk mengakui kesalahannya terhadap si anak. Sikap seperti ini harus dihindari karena anak Anda akan mencontoh perilaku Anda dan tidak mau mengakui kesalahannya.

Orangtua adalah teladan bagi anak-anaknya. Jika ingin anak bersikap hormat dan sopan, harus dimulai dari diri kita sendiri sebagai orangtua. Dengan begini anak Bunda akan terbiasa hidup untuk menghormati orang lain sampai dewasa nanti.