Wednesday, February 17, 2016

7 Makanan Terbaik Sumber Nutrisi untuk Anak

Para ahli nutrisi menganjurkan, para orang tua sebaiknya memilih beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak. Beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan otak di usia pertumbuhan, selain itu juga dapat memperbaiki fungsi dan daya ingat serta konsentrasi. 

Ini dia beberapa makanan yang memiliki nutrisi penting baik untuk si anak:
1. Ikan Salmon
Ikan yang mengandung lemak seperti salmon adalah sumber terbaik asam lemak omega -3, EPA dan DHA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak Bunda. Penelitian mengatakan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam. 

2. Telur
Sumber protein yang dikenal relatif murah dan harganya cukup terjangkau adalah telur. Kuning telur mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan memori. 

3. Selai kacang
Kacang tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh

4. Oatmeal
Oat adalah sereal yang kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang dibutuhkan anak-anak. Kandungan serat di dalam oat mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan anak Bunda. Oat juga mengandung vitamin E, vitamin B, seng dan kalium. Sebaiknya konsumsi oatmeal di pagi hari. 

5. Biji-bijian
Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Dengan kandungan serat yang dihasilkan dari biji-bijinya, gandum dapat mendukung kebutuhan tubuh anak Bunda. Serat yang terdapat pada biji-bijian akan membantu dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum akan menjaga sistem saraf untuk tetap berfungsi sehat.

6. Buah
Buah cherry, blackberry, strawberry dan blueberry mengandung kecukupan gizi yang baik untuk kecerdasan anak. Kelompok buah Berries mengandung kadar antioksidan yang tinggi, apalagi kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Menurut penelitian strawberry dan blueberry mampu memperbaiki fungsi daya ingat. Selain itu biji dari buah-buah berry kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan otak terutama kecerdasan.

7. Susu
Susu memiliki kandungan protein dan vitamin B tinggi. Protein dan vitamin B merupakan nutrisi penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan juga enzim. Cobalah memberikan anak Bunda susu Milkuat. Selain memiliki banyak nutrisi, susu Milkuat juga mengandung karbohidrat sehingga bisa menjadi sumber energi bagi otak anak Bunda. Penelitian menemukan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Dengan mengonsumsi susu Milkuat maka kebutuhan vitamin D anak Bunda akan terpenuhi.

Mulai sekarang, perhatikan pola makan mereka sehari-hari. Memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak-anak akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak mereka agar maksimal. Cukupilah kebutuhan gizi dengan baik, demi mendukung aktivitas si buah hati yang padat.