Monday, February 9, 2015

Bagaimana Memilih Vitamin untuk Anak?

Vitamin diperlukan agar anak memperoleh asupan tambahan selain makanan. Dengan mengonsumsi vitamin anak akan berkembang baik lebih optimal. Namun bagaimanakah cara untuk memilih vitamin yang tepat untuk anak?

Untuk para Bunda yang memiliki anak yang sudah masuk di usia sekolah, tentu akan banyak aktivitas yang menyita energinya. Karena itu Bunda perlu untuk memperhatikan konsep gizi baik dan seimbang, supaya anak bergizi baik dan seimbang, asupan berupa vitamin dan mineral harus terpenuhi dengan cukup. Kenyataannya sekarang adalah banyak anak yang cenderung untuk memilih-milih makanan, di sinilah peranan Bunda menjadi penting terkait pemenuhan gizi anak. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih vitamin yang tepat untuk anak:

1. Memilih vitamin untuk anak harus pula disesuaikan dengan umur dan kebutuhannya. Bunda perlu memperhatikan vitamin apa yang cocok untuk anak. Jangan sembarangan dengan memberikan vitamin untuk orang dewasa untuk anak hal ini dapat menyebabkan anak terkena iritasi karena tubuhnya belum siap menerima kandungan yang terkandung di dalamnya. Selain itu sesuaikan dosis yang sesuai untuk keperluan dan usia si anak. Konsultasikan pula dengan dokter agar anak mendapatkan asupan vitamin sesuai kebutuhannya.

2. Masing-masing vitamin memiliki fungsi yang beragam. Bunda harus memperhatikan fungsi dari masing-masing vitamin. Misal, vitamin C dibutuhkan untuk menjaga imunitas anak terhadap kuman pathogen (jahat) lingkungannya. Saat anak sedang dalam aktivitas yang pada seperti ekstrakurikuler, ataupun ujian sekolah, bunda bisa memberikan vitamin C untuk tetap menjaga daya tahan tubuhnya.

3. Beberapa anak seperti anak yang sering tidak menghabiskan makanan, anak-anak yang memiliki aktivitas padat, dan anak-anak yang suka mengonsumsi minuman ringan perlu mendapatkan perhatian lebih oleh Bunda. Bantu dengan pemberian vitamin agar tubuhnya tetap terpenuhi asupan gizi yang baik.

Sesibuk apapun Bunda, tetap harus memberikan perhatian lebih untuk pemenuhan gizi anak. Dengan perhatian yang lebih, anak tentu akan lebih aktif, sehat dan kuat.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi: http://goo.gl/eHt61w