Wednesday, October 01, 2014

Perlukah Mengupas Kulit Buah?

Perlu diakui, anak-anak dan orangtua zaman sekarang menganggap kulit buah kurang bermanfaat. Entah rasanya yang tawar atau takut terkontaminasi obat penyemprot hama, ada saja alasan untuk mengupas dan membuang jauh-jauh kulit buah. Anggapan seperti ini tidak selamanya salah, namun penting juga bagi Bunda untuk mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit buah.
Berdasarkan beberapa pertimbangan medis yang telah dikonfirmasi secara valid, inilah cara terbaik dalam menikmati manfaat buah-buahan.

Apel
Hasil penelitian di Cornell University menunjukkan bahwa kulit apel memiliki kandungan fitonutrien 87% lebih tinggi dibandingkan pada daging buah. Manfaat fitonutrien dalam kulit apel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai virus penyebab penyakit. Jadi, setelah mencucinya sampai benar-benar bersih, sebaiknya Bunda memberikan buah apel kepada Sobat Milku bersama dengan kulitnya.

Jeruk
Mungkin Bunda langsung berpikir, "Makan kulit jeruk? Sepertinya tidak mungkin." Ya! Memang tidak disarankan untuk makan kulit jeruk secara langsung. Tapi, khusus untuk orang yang mengalami masalah kolesterol, kulit jeruk dapat diseduh dengan teh atau sup karena kulit jeruk berkhasiat menurunkan kolesterol. Kalau untuk Sobat Milku, cukup Bunda berikan daging buahnya.

Pir
Sama halnya dengan apel, kulit buah pir mengandung vitamin C dan vitamin K yang berperan sebagai antioksidan. Setelah mencucinya dengan bersih, Bunda disarankan untuk memberikan Sobat Milku buah pir beserta kulitnya. Tidak lupa, kulit buah pir juga kaya serat lho, Bunda.

Kiwi
Ciri khas dari buah kiwi adalah kulitnya yang berbulu halus. Mungkin Bunda berpikir bahwa memakan buah kiwi beserta kulitnya sebagai hal yang tidak biasa. Padahal, dengan kandungan vitamin C, vitamin E, serotonin, dan potasium, kulit buah kiwi sangat baik untuk kesehatan. Jadi, semua terserah Bunda, apakah Bunda mau membuang kulit kiwi dan menyia-nyiakan nutrisinya?

Tomat
Meskipun sering dimanfaatkan sebagai sayuran, buah tomat tidak kalah baiknya jika langsung dimakan lho, Bunda. Kulit buah tomat kaya akan kandungan karotenoid, potasium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Jadi, tidak ada salahnya Bunda memotongkan buah tomat untuk dimakan Sobat Milku tanpa mengupas kulit buahnya.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/RPlocB