Friday, August 01, 2014

Diet Alami untuk Anak yang Kegemukan

Halo, Bunda. Kami yakin dan setuju bahwa anak kecil yang gemuk sangatlah lucu dan menggemaskan. Kami rasa Bunda pun senang melihat pipi mereka bergelayutan. Chubby - istilah ini seringkali digunakan untuk menggambarkannya. Tapi, di saat yang sama, pernahkah Bunda berpikir adanya kemungkinan anak-anak mengalami obesitas?

Dalam tabel kesehatan yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), batas maksimal berat badan untuk anak berusia 5 tahun adalah 24kg. Angka ini stabil bertambah 3kg untuk 1 tahun usia anak. Jadi, berat badan maksimal untuk anak berusia 6 tahun adalah 27kg, 7 tahun 30kg, dan seterusnya. Kali ini, kami akan mengajak Bunda memantau berat badan Sobat Milku dan mengajak mereka melakukan diet alami apabila berat badannya ternyata berlebih.

Setelah Bunda menimbang berat badan Sobat Milku dan ternyata mereka mengalami obesitas, janganlah dulu khawatir. Jangan pula untuk terburu-buru memberikan suplemen dan obat-obatan karena diet alami merupakan solusi yang layak dicoba. Bagaimana caranya? Yuk, kita pelajari sama-sama, Bunda.

Jus sehat
Ketimbang memberikan nasi dalam jumlah berlebih, lebih baik Bunda memberikan segelas jus buah kepada Sobat Milku karena jus bisa menunda lapar. Jus yang disarankan adalah jus semangka, apel, dan pepaya.

Sayur-mayur
Saat proses diet berlangsung, sebaiknya Bunda mengurangi daging dalam menu makanan Sobat Milku. Dibandingkan daging, sayur-mayur mengandung lemak yang jauh lebih sedikit sehingga dapat menekan berat badan Sobat Milku.

Tahu dan tempe
Tahu dan tempe juga merupakan pengganti daging. Pengolahan yang tepat plus kreativitas dalam menyajikannya akan menjadikan tahu dan tempe sebagai hidangan yang lezat. Dengan konsumsi daging yang sedikit, kebutuhan protein Sobat Milku tetap bisa terpenuhi lewat tahu dan tempe.

Buah-buahan
Daripada makan cemilan yang manis-manis, cemilan Sobat Milku dapat diganti dengan buah-buahan seperti apel dan pir. Makanan dengan pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan Sobat Milku serta mendorong obesitas.

Olahraga
Setelah perilaku makan diubah, Bunda bisa mengajak Sobat Milku untuk berkeringat di pagi hari. Ajaklah mereka bangun lebih pagi untuk jalan pagi atau melakukan olahraga ringan di rumah. Dengan olahraga teratur, Sobat Milku akan punya kebiasaan sehat lho, Bunda.

Illustrasi : Shutterstock.com
Inspirasi : http://goo.gl/42e845