Monday, November 25, 2013

Apa itu Kalsium?

Konsep empat sehat lima sempurna atau yang saat ini sudah berubah menjadi Piramida Gizi telah dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia. Susu menjadi salah satu komponen untuk melengkapi konsep piramida gizi ini, karena susu dikenal penting dalam perannya untuk menyediakan zat gizi dan berguna untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Di dalam susu, terkandung zat kalsium, zat gizi ini merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk pertumbuhan tulang, gigi, aktivitas gerak otot dan pembekuan darah.

Untuk menunjang angka kebutuhan gizi seimbang anak, asupan Kalsium diharapkan menjadi pelengkap sesuai kebutuhan gizinya. Berikut adalah angka kebutuhan Kalsium yang seharusnya dibutuhkan anak:


Usia Anak dalam Tahun Kebutuhan Kalsium dalam Gram
Sampai usia 1 tahun 400
1 - 6 500
7 - 9 900
10 - 18 1000

Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurangnya asupan Kalsium dari makanan anak-anak di Indonesia. Solusi dari masalah kurangnya asupan Kalsium pada anak adalah dengan memberikan hidangan susu dianatara waktu makan, minimal segelas susu dalam sehari. Biasanya anak menyukai rasa susu, namun bila anak bosan, susu memiliki beberapa varian bentuk hidangannya seperti keju, yogurt, es krim, pudding dan sebagainya.

Mulai sekarang, penuhilah kebutuhan Kalsium anak, supaya anak-anak di Indonesia tercukupi angka kecukupan gizinya.

Sumber artikel : ayomelekgizi.com